1001-Kisah Islami

Kumpulan Kisah-Kisah Islami penggugah Jiwa Menakjubkan

loading...

Siapakah Penghuni Surga Yang Lebih Banyak, Wanita Ataukah Laki - Laki?




Adanya sebuah perdabatan siapakah yang paling banyak diantara kaum wanita dan laki-laki yang menjadi penghuni surga. Terkait dengan masalah ini pernah terjadi perdebatan antara orang lak-laki dan orang perempuan sebagaimana telah diceritakan atau dijelaskan dalam shahih Muslim. Bahwa telah diriwayatkan dari Ibnu sirin, ia berkata:


"Kaum laki-laki berdebat dengan kaum wanita, tentang siapa di antara mereka yang lebih banyak di surga? Masing-masing pihak saling mengklaim pihaknyalah yang lebih mayoritas di dalam surga. Akhirnya mereka bertanya kepada Abu Hurairah. Lalu Abu Hurairah mengatakan bahwa kaum wanita lebih banyak di surga. Ia menampilkan argummentasi dengan sabda Rasulullah Saw.: "Sesungguhnya rombongan pertama yang masuk surga adalah dalam bentuk bulan di malam purnama.Kemudian diikuti oleh rombongan yang bercahaya seperti bintang yang berkilauan dilangit. Dari setiap orang dari mereka mempunyai dua istri, sumsum betisnya terlihat dari balik dagingnya dan tidak ada laki-laki bujangan di surga." (HR. Muslim).


Hadis diatas menjelaskan bahwa dengan begitu berarti kaum wanita di surga lebih banyak dari kaum laki-laki, karena setiap laki-laki penghuni surga setidaknya memiliki dua istri yang sangat cantik. Namun tidak pihak lain ada juga yang berpendapat bahwa penghuni surga itu lebih banyak laki-laki dibandingkan wanita. Pendapat ini bukanlah tanpa dalil, karena berdasarkan sabda Nabi Saw: "Aku melihat kalian (kaum wanita) lebih banyak sebagai penghuni neraka."

Hadis lain yang menunjukkan bahwa kaum wanita adalah penduduk minoritas surga, sebagaimana telah diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Ya'la dari Amru bin Ash, ia berkata; bahwa ketika kami sedang bersama Rasulullah di jalan ini, tiba-tiba beliau bersabda: "Perhatikanlah, apakah kalian melihat sesuatu?". Kami menjawab: 'Kami melihat seekor burung gagak berwarna campuran, paruh dan kedua kakinya merah'. Kemudian rasulullah Saw. bersabda; 'Tidak akan masuk surga dari kaum wanita, kecuali seseorang dari mereka seperti burung gagak ini diantara burung-burung gagak.'" (HR. Ahmad).


Menurut Ibnu Hajar al- Asqalani, beliau berpendapat bahwa keberadaan kaum wanita yang dinyatakan sebagai penghuni mayoritas di dalam neraka, bukan berarti mereka adalah penghuni minoritas di surga.


Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah di atas, kiranya dapat dipahami bahwa banyaknya kaum wanita di surga itu bisa jadi mereka yang berasal dari wanita-wanita yang dahulunya tinggal di dunia, dan tidak juga menutupi kemungkinan, bahwa mereka adalah dari golongan bidadari-bidadari surga yang diciptakan oleh Allah untuk laki-laki penghuni surga.


Wallahu a'lam bish showabi.
Share this article :
+
Previous
Next Post »

Baca Juga:

 
Copyright © 1438 H 1001-Kisah Islami - -
Template By Kunci Dunia