1001-Kisah Islami

Kumpulan Kisah-Kisah Islami penggugah Jiwa Menakjubkan

loading...

Tingkatan Surga Dan Nama - Namanya



Assalamu'alaium Warohmatullahi Wa barokatuh.

Alhamdulillahirobbil 'alamin. Segala puji hanya milik Allah Swt. Tuhan dan Raja semesta alam serta sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad Saw. beserta seluruh ahlul bait, para sahabat, dan seluruh pengikut
nya sampai akhir zaman. Dan mudah-mudahan kita sebagai pengikut agama Allah ini yang dibawa oleh Rasulullah Saw. mempertahankan keimanan dan senantiasa tetap istiqomah dalam melaksanakan semua perintah Allah dan mentaati segala apa yang dilarang-Nya. Insya Allah kita termasuk dari golongan orang-orang yang beruntung, bukan karena mendapat surganya Allah melainkan pertolongan dan rihdo kepada Allah Swt.

Pada artikel sebelumnya tentang "Luasnya Surga Seluas Langit Dan Bumi" dan kali ini kita masih menulis tentang surga, yaitu tingkatan-tingkatan surga dan nama-namanya. Apabila kita memperhatikan ayat-ayat Al-Quran dan hadis-hadis Nabi Saw., maka kita dapat mengetahui bahwa surga itu memiliki tingkatan-tingkatan mulai dari tingkat terendah sampai ketingkat yang paling tinggi. Tingkatan-tingkatan surga ini disesuaikan dengan derajat para penghuni surga itu sendiri. oleh karena itu seseorang akan mendapatkan kenikmatan yang ada dalam surga itu sesuai dengan tingkat keimanan dan amal ibadah yang telah dilakukan mereka ketika masih hidup di dunia.

Kita perhatikan terjemahan dari ayat berikut ini :

Allah Swt. berfirman :

"Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, sesungguhnya akan Kami tempatkan mereka pada tempat yang tinggi di dalam surga." (QS. Al-Ankabut : 58)


"Dan barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh-sungguh telah beramal saleh, maka mereka itulah orang-orang yang memperoleh tempat-tempat yang tinggi (mulia)." (QS. Thaha: 75)


Perbedaan tingkatan yang terjadi di akhirat itu jauh lebih besar dibandingkan perbedaan tingkatan yang ada di dunia. Orang-orang yang beriman yang masuk surga memiliki tempat yang berbeda dengan orang-orang yang beriman yang mati syhahid dan perbedaan ini juga terjadi terhadap para Nabi dan Rasul, karena
Allah Swt telah memberikan kedudukan atau derajat kepada mereka masing-masing di dalam surga. Perbedaan tingkatan di dalam surga itu dapat juga kita ketahui dari beberapa ayat Al-Quran dan beberapa riwayat hadis berikut ini.


Allah Swt. berfirman :

"Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalas dengan baik. Kepada masing-masing golongan- baik golongan ini maupun golongan itu - Kami berikan bantuan dari kemurahan Tuhanmu. Dan kemurahan Tuhanmu tidak dapat dihalangi. Perhatikanlah bagaimana Kami lebihkan sebagian dari mereka atas sebagian (yang lain).Dan pasti kehidupan akhirat lebih tinggi tingkatnya dan lebih besar keutamaannya." (QS. Al-Isra': 19-21)


Allah Swt. berfirman :

"Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (yang tidak turut berperang) yang tidak mempunyai uzur dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta mereka dan jiwanya. Allah melebihkan orang-orang yang brjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk satu derajat. Kepada masing-masing mereka Allah menjanjikan pahala yang baik (surga) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar, (yaitu) beberapa derajat dari pada-Nya, ampunan serta rahmat. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. An-Nisa: 95-96).


Nabi Saw. bersabda: "Sesungguhnya di dalam surga ada seratus tingkatan yang disediakan Allah bagi orang-orang yang berjihad di jalan Allah, jarak antara dua tingkatan seperti antara langit dan bumi. Maka apabila kamu mohon kepada Allah, mohonlah (surga) Firdaus kepada-Nya, karena ia terletak ditengah surga dan surga yang tertinggi." Saya rasa beliau mengucapkan (kata Abu hurairah): "Dan diatas-Nya ada Arsy Ar-Rahman dan dari situ dipancarkan sungai-sungai surga". (HR. Bukhari).


NAMA-NAMA SURGA

1. Surga Firdaus

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal." (QS. Al-Kahfi: 107)


2. Surga 'Adn

"(Bagi mereka) surga 'Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera." (QS. Fathir: 33)


3. Surga Na'iim

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengejakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan." (QS. Luqman: 8)


4. Surga Ma'waa

"Di dekatnya ada surga tempat tinggal (surga Ma'waa)." (QS. An-Najm: 15)


5. Surga Khuld

"Katakanlah, apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka> (QS. Al-Furqan: 15)


6. Surga Maqamul Amin

"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman (surga), (yaitu) di dalam taman-taman dan mata air-mata air." (QS. Ad-Dukhan: 51-52)


7. Surga Darul Maqamah

"Dan mereka berkata, 'Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan segala duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula lesu." (QS. Fathir: 34-35)


8. Surga Darussalam

"Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dia-lah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan." (QS. Al-An'am: 127)


"Allah menyeru manusia ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus. Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya." (QS. Yunus: 25-26).


Demikianlah apa yang saya tulis pada artikel kali ini yang tentunya tidak terlepas dari rujukan beberapa sumber, yaitu yang terutama berdasarkan sumber dari beberapa ayat-ayat Al-Quran dan hadis Nabi Saw. Semoga dapat memberi tambahan pengetahuan tentang surga menurut agama kita (Islam) dan semoga dapat memberi manfaat untuk kita semua. Amin


Jika ada ayat-ayat Al-Quran maupun hadis-hadis yang telah diterjemahkan pada artikel ini, saya mohon kepada kiyai, para ustadz dan kepada seluruh saudara-saudaraku dapat memberikan bimbingan dan arahannya. Dan kepada Allah Swt. saya mohon ampun atas semua kesalahan (khilaf), karena saya bukanlah seorang yang ahli dan hanya seorang yang berharap ridha Allah Swt.



Untuk Anda yang ingin mengcopy Artikel ini, Silakan Download disini

Share this article :
+
Previous
Next Post »

Baca Juga:

 
Copyright © 1438 H 1001-Kisah Islami - -
Template By Kunci Dunia