Masuk Surga Karena Bersahabat Dengan Orang Saleh




Bismillahirrohmaanirrohiim.

Assalamu'alaikum,

Sahabat 1001-Kisah Islami.Com. Persahabatan yang baik adalah persahabatan yang dapat memberikan kebaikan dan saling menguntungkan baik kita dan teman kita. Sahabat yang baik akan membawa kepada kita kejalan yang baik, namun sahabat yang tidak baik, maka sebaliknya akan menjerumuskan kita kelembah kenistaan. Oleh karena itu mencari teman yang baik adalah teman yang dapat membawa kita ke surga dengan cara berkumpul dengan orang-orang saleh, karena mereka tidak akan meninggalkan kita dikala kita sengsara dan tidak pula menggerogoti harta kita jika kita dalam keadaan lapang?

Pada kesempatan yang Allah SWT. berikan pada kali ini saya akan bercerita tentang sebuah kisah persahabatan yang tertulis dalam kitab "Durratun Nashsihin" karangan Syekh Utsman bin Hasan bin Ahmad Asy Syakir Al Khaubawiyiyi. Beliau menceritakan dalam kitab tersebut sebuah kisah dimana dua sahabat yang satunya meninggal dunia lalu divonis masuk neraka, karena dia ahli maksiat dan satunya lagi adalah orang saleh dan meninggal dalam keadaan Khusnul Khotimah dan masuk surga. Sahabat yang saleh itu mendapat perlakuan yang baik oleh malaikat Ridwan, ia diantarkan oleh malaikat Ridwan sampai ke pintu surga. Sedangkan sahabatnya yang ahli maksiat itu diperlakukan sebagaimana seorang pendosa, ia digiring kedalam neraka sebagai tampat kembalinya.

Dengan rasa senang bercampur kebahagiaan yang tiada terkira dan tidak dapat dibayangkan kenikmatan yang akan ia peroleh didalam surga sebagai balasan bagi orang-orang yang berbuat baik dan taat kepada Allah SWT. sahabat yang saleh itu melangkahkan kakinya menuju surga yang akan ia tempati. Namun langkahnya terhenti ketika ia mendengar suara yang cukup keras dan suara itu ia sangat mengenalnya.

"Sahabatku...tolong aku. Atas nama persahabatan kita selamatkanlah aku dari neraka!"

Suara itu terus terdengar meminta tolong kepada sahabat yang saleh itu. Dicarinya asal suara itu, lalu ia melihat ada seorang laki-laki yang diseret-seret menuju neraka oleh malaikat Malik yang wajahnya begitu menakutkan. Kemudian dia berkata: "Ya Allah, orang itu adalah sahabatku ketika di dunia. Dia merasa prihatin dan sangat sedih melihat sahabatnya itu digiring ke neraka. Kemudian orang saleh itu tidak mau masuk surga dan meminta kepada malaikat Ridwan agar mengantarkannya ke neraka. Malaikat Ridwan berkata kepada orang saleh itu,

"Bagaimana saya akan membawa tuan ke neraka, padahal saya diperintahkan mengantar tuan ke surga? Silahkan tuan, tidak usah ragu, Surga yang indah ini milik tuan dan saya akan melayani tuan dengan sebaik-baiknya...!" Kata malaikat Ridwan

Orang Saleh itu berkata,

"Aku tidak membutuhkan surga dan pelayananmu. Bawa saya ke neraka.!"


Malaikat Ridwan menolak permintaan orang saleh itu untuk membawanya ke neraka, dalam keadaan yang saling bersitegangan itu, kemudian terdengar suara gaib yang berasal dari Yang Maha Agung.

"Wahai malaikatku, sebenarnya Aku telah mengetahui apa yang tersembunyi dibalik dada hambaku yang saleh ini. Namun, agar lebih jelas bagimu tanyakan sendiri kepadanya kenapa ia memilih neraka daripada surga!"

Malaikat Ridwan segera memenuhi perintah Dari Allah Yang Maha Agung.

"Mengapa Tuan lebih menyukai neraka daipada surga?"
"Engkau lihat orang yang sedang diseret-seret menuju neraka itu? Ia adalah sahabatku selama hidup di dunia. Ia menjerit-jerit minta tolong agar aku membebaskannya dari ancaman neraka. Aku sadar sepenuhnya, tidak mungkin aku yang lemah ini menyelamatkannya dari neraka dan membawanya ke surga. Karena itu, lebih baik aku yang ke neraka agar dapat bersama-sama dengannya, "ujar orang saleh itu.

Mendengar jawaban orang saleh itu, malaikat Ridwan bertambah kaget, lalu terdengar lagi suara dari Yang Maha Agung Allah Subhanahu wa ta'alaa.

"Wahai hambaKu yang saleh, dengan segala kelemahanmu, engkau rela masuk neraka untuk bersama-sama dengan sahabatmu yang telah menemanimu sebentar saja di dunia. Padahal, sepanjang umurmu, engkau begitu taat dan berbakti kepadaKu, memujaKu sebagai Tuhanmu. Bagaimana Aku rela membiarkanmu masuk neraka? Karena itulah Aku hadiahkan sahabatmu itu untukmu, dan ajaklah dia masuk surga bersamamu. Inilah ganjaran yang sepadan bagimu, "terang suara itu.


Subhanallah, sungguh Allah SWT. adalah Tuhan Yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang bagi hamba-hamba-Nya yang saleh, lantaran bersahabat dengan orang saleh semasa hidup di dunia, sahabat yang yang ahli maksiat itu mendapat pengampunan dan kasih sayang Allah SWT. dan memasukkan dua sahabat itu ke dalam surga yang penuh kenikmatan sebagai tempat tinggal yang abadi tanpa mengurangi pahala surga yang Allah berikan kepada orang saleh itu.


"Sebaik-baiknya sahabat adalah sahabat yang dapat membawa kita ke surga. Bukan sahabat yang membawa kita ke neraka."

"Persahabatan yang sejati akan membawa kerinduan yang abadi."


WALLAHU A'LAM.



Post a Comment

0 Comments