1001-Kisah Islami

Kumpulan Kisah-Kisah Islami penggugah Jiwa Menakjubkan

loading...

Nabi Muhammad Saw Pedagang Sukses tetapi Miskin



Assalamu'alaikum.....

Alhamdulillah, segala puji hanya milik allah serta sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada baginda rasulullah saw, keluaraganya (ahlul bait) para sahabat dan pengikutnya sampai akhir zaman.

Kenapa Muhammad dikatakan adalah seorang pedagang yang sukses, padahal dalam kehidupannya sehari-hari sangatlah miskin dan serba kekurangan. Oleh karena itu patutkah dia disebut pedagang yang sukses, seperti para saudagar-saudagar kaya pada zamannya.

Mari kita perhatikan dengan membaca artikel ini secara keseluruhan, sehingga kita semua dapat memahami tujuan saya menulis artikel ini.

Muhammad bin Abdullah adalah seorang yang hidupnya sangat sederhana dan berusaha menjauhkan diri dari kehidupan dunia, padahal beliau adalah seseorang Pedagang yang sukses, yang selalu mendapatkan keuntungan yang sangat besar, sehingga membuat seorang wanita kaya, dan sekaligus adalah tuannya, yaitu Khadijah menjadi senang, lantaran dagangannya selalu habis terjual. Bukan itu saja Khadijah pun mulai tertarik kepada pemuda ini (Muhammad) yang saat itu baru berusia 25 tahun, sedangkan Khadijah adalah seorang janda kaya raya yang terpaut umur 15 tahun lebih tua dari Muhammad bin Abdullah dan diapun adalah seorang pedagang yang terbilang sukses dan terpandang dikalangan bangsawan Arab pada saat itu, mereka pun menikah.

Namun dibalik itu Muhammad juga adalah seorang yang menyebut dirinya adalah utusan Allah, ia diutus untuk menyebarkan agama Islam kepada seluruh manusia. Dengan demikian Khadijah sebagai istri Muhammad merelakan seluruh hartanya untuk membantu dakwah Muhammad dalam menyebarkan Risalah Allah ini.

Sebagai seorang yang sukses dalam berdagang, Muhammad tetap saja hidup miskin dan bahkan ketika Khadijah wafat, beliau mengalami masa- masa sulit dalam kehidupannya sehari- hari dan sering berpuasa karena tidak ada sedikitpun makanan yang tersedia dirumahnya. Padahal beliau adalah seorang pedagang yang terbilang sukses.


Sejak beliau diangkat oleh Allah sebagai Rasul, harta yang tadinya ia miliki bersama Khadijah habis tak tersisa, ia korban semua hartanya untuk berdakwah, menolong orang-orang fakir dan miskin dan selalu memberi makan anak-anak yatim, sehingga apa yang dia punya habis untuk dibelanjakan ke jalan Allah.

Kemiskinannya membuat salah satu gunung Hud prihatin dan merasa kasihan terhadap Muhammad, dengan berkata:

"Wahai Muhammad, sesungguhnya aku bisa merubah diriku menjadi emas atas izin Allah !"

Tetapi Muhammad menolak, karena ia tidak cinta kepada dunia. "Cinta dunia awal dari kejahatan". Demikianlah Muhammad menjauhkan diri dari kehidupan dunia, padahal dia adalah seorang nabi dan rasul yang bisa saja meminta kepada Allah sebagai seorang yang kaya sebagaimana Allah telah berikan kekayaan kepada Nabi Daud as, Nabi Sulaiman, dan Nabi Ayub as.

Oleh karena itu, Muhammad adalah manusia yang patut kita teladani dan menjadikan beliau sebagai tokoh panutan dan idola kita sebagai tokoh inspirasi dalam kehidupan sehari-hari, agar kita menjadi orang yang sukses hidup di dunia dan kehidupan di akhirat.

Jadi, Muhammad Rasulullah saw adalah seseorang yang benar-benar sukses dalam segala hal, baik itu sukses menjadi seorang pedagang yang jujur dan ia pun sukses dalam menyampaikan risalah Allah.

Jadi, Muhammad itu tidaklah miskin, tetapi dia adalah orang yang kaya, yaitu kaya hati karena ia habiskan harta dan hidup dan matinya untuk Allah. Jadi apakah kita sudah menjalankan dan melaksanakan apa yang telah dibuat oleh Rasulullah, kalau belum marilah kita semua memperbaiki dan belajar menjadi seorang yang sukses dalam berdagang seperti Rasulullah , tanpa harus mengecewakan pembeli, atas barang dagangan yang kita jual.

Kiat Sukses Menjadi Seorang Pedagang ala Rasulullah :

1. Jujur,

2. Tidak memberikan harga yang tinggi kepada pembeli,

3. Memberikan pelayanan yang baik,

4. Bersikap ramah dan memberi senyum,

5. Tidak mengurangi takaran,

6. Banyak bersedekah, dan

7. Paling utama shalat lima waktu, dan

8. Banyak beramal saleh, dan

9. Bersyukur atas pemberian Allah Swt.

10. Sabar, ridho atas segala ketentuan Allah Swt.


Demikianlah tips sukses berdagang ala rasulullah saw, semoga dapat memberi manfaat.
Share this article :
+
Previous
Next Post »

Baca Juga:

 
Copyright © 1438 H 1001-Kisah Islami - -
Template By Kunci Dunia